Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 22 Juli 2016

Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Kedua atau Bahasa Asing

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang diajarkan di sekolah-sekolah di seluruh dunia. Penggunaan bahasa Inggris yang semakin meningkat membuat bahasa ini semakin berakar dalam setiap masyarakat.
Di negara seperti India, Singapura, Malaysia dan Pakistan, Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa kedua. Negara-negara ini dan banyak negara lainnya di Afrika dan Amerika Utara pernah berada di bawah pemerintahan Inggris. Orang-orang di negara tersebut sudah terbiasa berbicara bahasa Inggris. Mereka tidak menemui kesulitan dalam bercakap-cakap dengan bahasa Inggris meskipun pemerintah Inggris telah meninggalkan negara-negara tersebut puluhan tahun lalu.

Bagi negara-negara yang tidak pernah menjadi koloni Inggris, penggunaan bahasa Inggris adalah sesuatu yang baru bagi mereka. Oleh karena itu, bahasa Inggris tidak dianggap sebagai bahasa kedua melainkan bahasa asing.
Metode mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dan bahasa asing sedikit berbeda. Dalam kelas bahasa kedua, seorang guru bahasa Inggris tidak harus memakai banyak ilustrasi, gambar, atau video sedangkan pada kelas bahasa asing, para siswa tidak akrab dengan bahasa Inggris sama sekali. Guru harus memakai banyak ilustrasi, gambar, video dan rekaman suara untuk membantu siswa mendengar, berbicara, membaca, menulis dalam bahasa Inggris dengan baik.

Pengenalan teknologi internet telah membantu pengalaman mengajar dan belajar bahasa Inggris menjadi lebih mudah. Guru-guru bisa berkomunikasi dan berbagi pengalaman mereka dengan guru lain, dan mendownload permainan, latihan tata bahasa dan rencana pelajaran. Demikian pula, ketersediaan perangkat lunak belajar bahasa Inggris telah membantu banyak pelajar bahasa Inggris di seluruh dunia menguasai bahasa tersebut dengan lebih baik dan lebih cepat.

Di masa depan, bahasa Inggris tidak akan menjadi bahasa asing lagi. Bahasa Inggris akan menjadi bahasa kedua atau bahkan bahasa pertama. Lebih banyak orang tua yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris lebih suka berbicara kepada anak-anak mereka dalam bahasa Inggris. Ini bisa dilihat di antara para migran yang hidup di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. Fenomena ini juga dapat dilihat di Singapura, Malaysia. Apakah Anda menyukainya atau tidak, bahasa Inggris telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. oleh Charles Roring di Manokwari Papua Barat- Indonesia