CARA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS

Keterampilan Bahasa Inggris telah menjadi keahlian penting yang perlu dikuasai masyarakat guna menghadapi era globalisasi yang telah berlangsung beberapa tahun belakangan ini. Oleh karena itu, banyak cara untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris telah dijalankan, serta dikembangkan berbagai institusi pendidikan di Indonesia. Selain itu usaha dari setiap individu untuk mengembangkan kemampuan ini dapat tercermin pula dari masyarakat kita sendiri yang sudah cukup aktif menggunakan Bahasa Inggris dalam dunia kerja dan sekolahan khususnya.
Bahasa Inggris pada dasarnya terdiri dari empat macam keterampilan, yaitu Reading, Listening, Speaking dan Writing skills. Keempat komponen tersebutlah yang kita terima dan pelajari di sekolahan serta institusi pelatihan Bahasa Inggris lainnya. Berikut beberapa cara untuk bagaimana meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris menurut keempat komponen tersebut di atas.
Reading
Berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan membaca kita dalam Bahasa Inggris. Mulai dari membaca teks pendek yang berupa cerita, naskah ataupun lirik lagu. Cerita yang dibaca pertama kali tidak hanya pendek, tetapi juga harus berisikan kosakata dasar yang sederhana dan mudah dimengerti. Kemudian dari cerita pendek menjadi cerita seri, dan kemudian buku novel penuh. Upaya ini harus dilakukan bertahap dan memerlukan ketelatenan serta kesabaran penuh. Oleh karena itu, ada baiknya bahan bacaan yang kita gunakan, memiliki ***ik konten yang menarik bagi kita.
Listening
Cara meningkatkan keterampilan mendengar Bahasa Inggris dapat dilakukan dengan berbagai cara yang menyenangkan. Dari menonton acara TV atau film Bahasa Inggris tanpa membaca subtitlenya, sampai mendengarkan lagu favorit Inggris kalian. Serupa dengan keterampilan membaca, hal ini harus dilakukan bertahap.
Speaking
Keterampilan berbicara, merupakan keterampilan aktif yang harus dilatih dan dipraktekkan terus menerus agar seseorang dapat lancar menggunakannya kelak. Selain itu, terdapat ragam media online yang mampu memberi petunjuk cara pronunciation yang tepat.
Writing

Untuk menguasai keterampilan menulis, terlebih dahulu harus dikuasai Grammar, dan Vocabulary Bahasa Inggris. Sebab kedua kemampuan tersebut lah yang akan membantu membentuk tulisan yang baik dan benar. Untuk meningkatkan kedua komponen ini, dibutuhkan latihan-latihan yang intens. Agar lebih memudahkan upaya kita untuk menguasai keterampilan menulis, kita dapat memulai dengan belajar menulis satu paragraf pendek tentang apa yang kita sukai, baik itu musik ataupun hobi.