Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 01 Juli 2014

KURSUS BAHASA DI KAMPUNG INGGRIS

Kampung Inggris Pare
Saya adalah Yudha Isnaini berasal dari Mataram. Di sini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya belajar di kampung Inggris. Ini adalah sebutan untuk sebuah desa yang berada di kota Pare, Kediri, Jawa Timur. Kenapa disebut dengan istilah itu?? karena di sini terdapat banyak kursus yang siap merubah kemampuan bahasa asing kamu dari zero to hero.

Banyak yg bertanya: Apa bedanya kursus di Kampung Inggris dengan kursus di tempat lain? Jawabannya adalah metode pembelajaran, intensitas belajar, fokus pada satu bidang studi dan lingkungan yang mendukung untuk selalu bisa praktek berbicara bahasa asing dengan tutor, teacher dan teman-teman dari berbagai kota yang datang ke sini dengan tujuan yang sama yaitu untuk belajar bahasa internasional tersebut.

Pada awalnya saya tidak mempunyai rencana untuk belajar berbahasa asing di Pare. Namun karena saya akan terjun di dunia kerja bulan September, jadi saya mencoba untuk mengisi liburan di Pare Kediri, dan saya mempunyai cita-cita untuk melanjutkan kuliah. Karena bahasa inggris adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam dunia pendidikan dan dunia kerja apapun profesinya. Untuk itu saya bertanya kepada teman-teman yang sudah pernah ke tempat ini, karena saya perhatikan setelah mereka selesai belajar di sini selalu ada perubahan.  Pada awalnya saya tertarik untuk mengambil program IELTS karena IELTS adalah salah satu syarat untuk melanjutkan kuliah. Namun karena kemampuan masih sangat kurang, akhirnya saya mencoba mengambil program dasar berbahasa inggris. Akhirnya sampailah saya di CHOICE ENGLISH COURSE yang berada di kabupaten Kediri di daerah Pare tepatnya Tulung rejo.

Dulu bayangan saya di kampung ini adalah semua orang menggunakan bahasa asing. Ada yang bilang bahwa semua di kampung ini menggunakan bahasa asing termasuk penjual makanan di warung. Ternyata tidak sepenuhnya benar, hanya asrama atau camp yang mewajibkan berbahasa inggris setiap harinya. Di sini siswa-siswinya hampir berasal dari seluruh penjuru Indonesia dan beberapa dari luar negeri seperti Thailand mulai dari tingkat  SMP sampai sarjana. Ada berbagai macam program disini mulai dari grammar, speaking, vocabulary, pronunciation, TOEFL, dan IELTS.

Biaya  pendidikan di sini sangat terjangkau dan makanan juga lebih murah. Awalnya belajar di sini saya rencanakan 2 minggu. Namun karena saya merasa nyaman di sini, terutama di kursusan CHOICE akhirnya saya menambah untuk 1 minggu. Belajar di sini menurut saya sangat efektif karena belajarnya dari jam 5.30 dimana otak masih fresh dan berlangsung 5 kali pertemuan sehari semalam. Pare  merupakan kampung wisata bahasa dan metode pembelajaran yang digunakan non ilmiah yaitu trial and eror. Metode ini diaplikasikan di tempat ini, mencoba berbicara berulang-ulang walaupun selalu menemukan kegagalan sampai mengetahui yang benar.

Selanjutnya, belajar di sini menyenangkan serta menarik karena cara belajar yang  saya sukai.. Selama 2 minggu di sini, saya merasa ada perubahan. Suasana belajar yang kondusif dan lingkungan belajar yang alami dan sederhana karena bertemu dengan teman-teman di sini yang sama-sama mempunyai satu tujuan yaitu belajar bahasa Inggris. Walaupun belum bisa berbicara dengan baik dan benar namun saya berharap setelah pulang dari Pare ini, saya dapat mengembangkan di rumah.

Demikian cerita singkat saya di kampung inggris. Wassalam